Radio Lesmana

E-mail Print PDF

Idris Sardi Terkenal di Luar Negeri Sejak Lama

Tak sedikit musisi yang telah mengharumkan nama Indonesia di pergaulan internasional. Salah satunya adalah komposer yang juga konduktor, Idris Sardi. Namun, kini Indonesia harus kehilangan kepiawaian laki-laki kelahiran 7 Juni 1938 ini dalam bermain biola, setelah pagi tadi Idris menghembuskan nafas terakhirnya.

Bens Leo pun mengungkapkan betapa Idris sangat populer di negara lain. Pengamat musik ini mengatakan karya yang dihasilkan ayahanda aktor Lukman Sardi tersebut malah sudah dinikmati publik internasional sejak tahun 1979.

“Beliau jadi penata musik lagu Renjana yang dibawakan Grace Simonsaat masuk semi final festival pop di Jepang. Selain itu beliau juga jadi konduktor di sana, saya merinding kala itu,”

Sejak kemunculannya di sana, nama Idris semakin mendapat sorotan. Apalagi dia kerap menggarap tata musik untuk beberapa film ternama. Bahkan karena itu pula di negeri sendiri, ia diganjar lebih dari 10 piala Citra.

“Di grup (komunitas-RED) musik dan film, di Jepang beliau dikenal. Kegemaran (menggarap) musik di film pun akhirnya membuat dia mendapat 12 piala Citra. Itu yang terbanyak dan belum pernah ada yang mengalahkan,” ujarnya.

Kiprah Idris di musik tanah air memang sangat melegenda. Ia telah menghasilkan kurang lebih ratusan karya dan menerima sejumlah penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri.

Sumber: http://musik.kapanlagi.com/berita/idris-sardi-terkenal-di-luar-negeri-sejak-lama-f8bbd7.html